Sensasi Relaksasi dengan Dentuman Alat Musik A la Tibet

tibetandalemAlunan musik dikenal bisa mempengaruhi mood, bahkan ada yang menggunakannya untuk terapi penyembuhan penyakit. Salah satunya lewat alat musik tradisional yang dikenal dengan nama Tibetan Singing Bowl.

Singing bowl awalnya digunakan sebagai sinyal untuk mulai dan mengakhiri meditasi bagi kaum Buddha Tibetan untuk memperolah ketenangan. Tak heran tempat meditasi di beberapa negara dunia juga memilikinya kini. Bahkan ada juga yang menggunakannya sebagai terapi musik, penyembuhan lewat suara dan yoga yang membutuhkan ketenangan.

Bentuknya mirip seperti gong atau mangkuk yang terbuat dari perunggu. Namun bukannya digantung dan dimainkan dengan cara dipukul, Tibetan singing bowl digunakan dengan cara dipegang. Lalu tongkat yang terbuat dari perunggu, diputar mengeliling bagian luar mangkuk dan menghasilkan bunyi dentuman yang khas dan menggema.

Belum banyak tempat perawatan di Jakarta yang memiliki terapi relaksasi dengan singing bowl ini. Namun jika Anda berminat, bisa mengunjungi tempat spa bernama ‘Samsara Reflexology & Spa di kawasan SCBD lot 6, Jakarta. Tempat spa ini tidak terlalu besar dan didekor dengan nuansa khas Bali.

Perawatan ini akan berlangsung selama dua jam. Sebelumnya, Anda diminta masuk ke dalam sebuah ruangan dengan pencahayaan remang, berisi satu tempat tidur untuk terapi dan shower untuk bilas. Alunan musik bertema alam yang menenangkan sudah mulai diputar ketika mulai relaksasi.

Anda juga diminta membuka pakaian dan mengenakan kain sebelum dipijat terapis. Dengan posisi Anda tengkurap, si terapis memulai pemijatan yang diawali dari bagian kaki. Masing-masing kaki akan dipijat kurang lebih 10 menit. Pijatan pun naik ke arah pinggang, punggung dan tangan selama 30 menitan. Setelah selesai, terapis memberi minyak aromaterapi organik dan memulai kembali proses pemijatan dari kaki hingga tangan seperti sebelumnya.

Setelah bagian belakang, kini giliran bagian depan yang akan dipijat. Dimulai dari bagian tangan yang diberi minyak aromaterapi. Masing-masing tangan dipijat dan mengarah ke dada. Anda juga bisa memilih apakah bagian perut juga ingin dipijat. Jika tidak, pemijatan akan langsung mengarah ke kaki.

Pemijatan tubuh berlangsung 1 jam 45 menit sampai tubuh benar-benar relaks. Barulah Tibetan Singing Bowl dikeluarkan untuk melanjutkan terapi di 15 menit terakhir. Terapis akan menaruh batu kristal di dahi Anda sebelum membunyikan singing bowl. Singing bowl akan didentumkan di beberapa titik seperti kepala, pundak kanan dan kiri, dada, perut, dan kaki. Lalu apa saja efek suara dentuman itu bagi kesehatan Anda?

“Suara singing bowl akan membuat kita relaks, bisa juga untuk mengurangi stress, yang susah tidur dan bagus juga untuk migrain. Tapi harus dipijat dahulu, kalau tidak bisa tambah pusing dengar suaranya,” ungkap pihak Samsara saat berbincang dengan Wolipop.

Setelah selesai seluruh rangkaian perawatan, Anda dianjurkan membilas tubuh dengan air hangat agar lebih rileks. Setelahnya, mencicipi wedang jahe hangat yang telah disiapkan pihak Samsara untuk para pengunjungnya. Tertarik mencoba terapi suara ini? Perawatan selama dua jam itu bisa dinikmati seharga Rp 385 ribu. Samsara Reflexology & Spa buka dari pukul 10 pagi sampai 10 malam.

 

sumber : wolipop.com

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s