Apa Guna Yoga untuk Perempuan?

Yoga memberikan waktu untuk wanita menikmati dirinya sendiri

Selama ini, yoga dikenal sebagai sebuah teknik relaksasi lewat gerakan-gerakan tertentu. Gerakan-gerakan ini dinilai cukup sulit, hingga akhirnya membuat orang enggan ikut karena merasa tubuhnya kurang fleksibel. Apa yang bisa dilakukan yoga untuk para perempuan yang merasa kurang fleksibel? Apa gunanya yoga untuk perempuan? Kompas Female berbincang dengan Ines Somellera, Program Director untuk Namaste Festival, yang juga sudah mempraktikkan yoga sejak ia berusia 15 tahun.

Apa sih yoga itu dan kaitannya dengan penyembuhan?
Yoga adalah sebuah pertemuan pikiran, tubuh, dan jiwa. Yoga membawa ketiga hal tadi menjadi satu. Yoga menggunakan gerak tubuh, postur untuk mencapai ketiga itu. Dalam yoga, ada banyak latihan fisik dan pergerakan. Dengan yoga, Anda melatih pikiran dan perasaan agar jadi lebih tenang. Yoga menggunakan peregangan sambil mengaplikasikan pernapasan dalam. Seperti Anda meregangkan bahan kain, Anda akan melihat ada peregangan pada kainnya dari bolong-bolong yang meleber, dan saat Anda meniupkan oksigen, maka oksigennya akan lebih mudah masuk dan menyebar. Sama seperti itu juga pada tubuh, saat Anda meregangkan tubuh dan melatih pernapasan, semakin banyak oksigen bagus yang tersebar ke seluruh bagian tubuh Anda, maka tubuh akan merasa lebih nyaman dan sehat. Akan sangat baik pula dilakukan untuk mereka yang mulai merasa tidak sehat. Yoga itu preventif. Jadi, jika Anda berlatih yoga saat sehat, bisa dikatakan Anda akan jarang sakit.

Jadi, secara ekonomis, yoga itu sangat menguntungkan, ya? Apa Anda tidak pernah sakit semenjak ikut yoga?
Ya, saya tentu pernah sakit. Tetapi saya jadi tahu apa yang membuat saya sakit. Bukan saya sakit, lalu saya ke dokter. Saya sangat jarang ke dokter. Saat saya sakit, saya tahu bahwa saya sedang bad mood, tegang, kerja terlalu keras, dan kurang tidur. Jadi, logikanya, saya perlu istirahat, relaks pikiran, tenangkan diri, makan lebih baik. Jika saya lakukan itu, saya sembuhkan diri, karena saya tahu cara menyeimbangkan diri. Karena itulah, yoga itu preventif, dan cukup ekonomis di kantung, Anda bisa menghemat uang daripada pergi ke dokter.

Apa sih inti yoga?
Intinya, yoga adalah tentang pengetahuan. Semakin banyak tahu bagaimana tubuh kita bekerja, bagaimana kita ini sebagai manusia, mengapa tubuh butuh istirahat, dan lainnya. Yoga melihat tingkah kita sebagai mahluk hidup, yoga juga memerhatikan keberadaan manusia, juga binatang. Saat binatang lelah, ia butuh istirahat, saat banyak energi, ia berlari. Yoga menghubungkan kita akan alam. Sadar atau tidak, saat kita bekerja dengan penuh kesibukan sehari-hari, kita makin melepaskan diri dari kehidupan alami kita. Kita seharusnya bergerak, kita didesain untuk bergerak. Tetapi yang ada, setiap hari kita bangun tidur, duduk, pergi ke kantor, duduk lagi, lalu pulang, dan tidur lagi, kita jadi jarang bergerak. Apa yang terjadi, semua energi yang ada di dalam kita terperangkap, alhasil mereka menimbulkan rasa sakit. Kita harus mengizinkan energi itu bergerak, lalu proses penyembuhan pun akan terjadi. Jadi, kita perlu seimbangkan diri kita, termasuk dalam hal asupan makanan, ya. Saat mulai melakukan yoga, kita akan punya waktu untuk diri kita sendiri. Saat kita seimbang, kita justru bisa melakukan banyak hal lainnya.

Bagaimana dengan mereka yang bilang “saya tak punya waktu”?
Mereka harus mencoba dulu dengan sungguh-sungguh bagaimana rasanya setelah yoga. Kalau belum pernah, cobalah dulu, rasakan, jangan biarkan orang lain yang mengatakan Anda apa rasanya. Belum pernah ada yang bilang setelah kelas yoga mereka merasa kesal atau ingin marah. Banyak yang bilang bahwa mereka terasa lebih tenang, lega, dan berenergi. Ya, yoga juga bisa membuat Anda lebih bersemangat. Karena dengan yoga, Anda melepaskan ketegangan, kelelahan, dan karena itu, Anda mengisi diri dengan oksigen baru. Seperti saat tidur, Anda lelah, tidur, saat bangun, Anda merasa lebih baik. Saat Anda relaks, Anda akan lebih berenergi.

Bagaimana dengan yang bermasalah dengan tulang belakang? Tak bisa sefleksibel mereka yang tak bermasalah. 
Kebanyakan orang yang memiliki masalah dengan punggung, bagian bawah punggung, atau baru kelar operasi, ini terjadi karena tubuh Anda telah berakumulasi dengan banyak ketegangan atau postur buruk. Itu bisa terjadi ketika Anda duduk dengan postur kurang baik, memaksa tubuh mengerut, atau berdiri tidak lurus, atau duduk malas-malasan, dan lain sebagainya. Itu pasti berhubungan dengan hal tersebut, karena itulah kebanyakan kita punya masalah dengan bagian bawah perut.

Karena kita tidak memberikan space di daerah perut, karena sehari-hari kita memaksa tubuh menekuk saat duduk atau berdiri. Yoga ajarkan bagaimana kita berdiri. Saat Anda meregangkan tulang punggung, Anda beri ruang di bagian perut, saat Anda memberi ruang, akan ada tempat untuk perut terlihat lebih baik dan organ-organnya pun berada di tempat seharusnya. Tulang punggung kita diciptakan untuk meregang. Jika tidak, ia akan menekuk. Ketika ia menekuk, organ-organ di bagian dalam tubuh akan saling tertekuk, tak heran, akan banyak masalah pada bagian perut. Plus, ditambah makanan buruk, maka akan tambah banyak masalah pada bagian perut. Untuk yoga, akan ada gerakan-gerakan yang disesuaikan dengan kondisi tubuh, kok. Tak perlu langsung melakukan gerakan rumit dan susah, mulailah perlahan.

Bagaimana dengan orang yang tak pernah merasa dirinya cukup fleksibel?
Justru itulah orang yang tepat untuk berlatih yoga. Yoga tak perlu mendikte Anda. Semua tubuh sempurna untuk latihan yoga. Yoga akan melatih Anda untuk menyeimbangkan segalanya dan membantu memperbaiki tubuh Anda. Bagaimana menguatkan tubuh yang kurang kuat, dan melemaskan yang terlalu tegang.

Sebagai yogi perempuan, menurut Anda, apa keuntungan untuk perempuan berlatih yoga?
Satu hal yang kita ketahui tentang perempuan adalah, perempuan adalah mahluk yang multitasking. Dari masa lalu, perempuan bekerja di rumah, merawat anak, menjaga rumah, sekaligus merawat suami. Tetapi di masa sekarang, perempuan bekerja, dan melakukan banyak hal. Perempuan yang multitasking, ia berperan dalam banyak hal. Jadi, untuk segala aktivitas ini, perempuan merasa kosong di dalam. Anda butuh sesuatu untuk diri sendiri. Segala aktivitas itu, adalah kegiatan untuk orang lain. Tetapi apa yang bisa diberikan untuk dirinya? Yoga bisa membantu mengisi hal tersebut. Bahwa Anda melakukan hal baik untuk diri sendiri. Saat Anda mengisi itu, bahwa Anda menciptakan lingkup untuk diri sendiri, membuat seimbang, fokus, dan relaks, ia juga bisa menikmati dirinya sendiri. Jadi, ini sangat baik untuk perempuan, tak heran peminat yoga perempuan makin bertambah. Plus, karena ia banyak berenergi, ia jadi lebih cekatan melakukan banyak hal, ia pun jadi lebih cepat melakukan banyak hal.

Sumber : Kompas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s