Kembali Berenergi Berkat Yoga

Ilustrasi Yoga

Banyak perspektif mengenai yoga. Sebagai latihan yang fokus pada kekuatan fisik; teknik relaksasi dengan gerakan tertentu; atau pertemuan pikiran, tubuh, dan jiwa. Apapun perspektif yang pernah Anda dengar, semua merujuk pada manfaat yang sama. Manfaat itu seperti melancarkan peredaran darah dalam tubuh, menghilangkan stres dan bikin rileks, membuat tubuh kembali segar dan berenergi, bahkan meningkatkan kepercayaan diri.

Bagi Anda yang belum pernah melakukan yoga, sebaiknya mulailah dengan mengenali anatomi tubuh, terutama pengenalan otot, seperti otot perut, lengan, paha, dan kaki. Jadi, saat Anda melakukan gerakan yoga dasar sekalipun, Anda bisa melakukannya dengan benar. Anda bisa mengetahui bagian tubuh mana yang seharusnya berkontraksi. Dengan begitu, Anda bisa merasakan manfaat dari setiap gerakan yang dilakukan.

“Pengenalan otot penting diketahui, terutama bagi pemula yang belum pernah melakukan gerakan yoga,” kata Ambar Supriyadi (44), pelatih kelas yoga di Taman Sari Royal Heritage Spa (TSRHS), saat ditemui Kompas Female, Jumat (14/1/2011).

Teknik relaksasi yang bikin segar
Melakukan gerakan yoga identik dengan ketenangan, kedamaian, dan harmonisasi tubuh. Fleksibilitas tubuh, didukung teknik pernapasan yang baik, akan membantu Anda melakukan gerakan yoga secara tepat. Jika melakukannya dengan benar, usai beryoga 1-1,5 jam per sesi, badan akan terasa segar.

Meski untuk pertama kalinya melakukan yoga dengan teknik dasar untuk pemula, Anda bisa mendapatkan langsung manfaatnya, seperti gerakan dasar simpel yang dipraktikkan Ambar. Gerakan peregangan dengan teknik mengatur napas dan kontraksi otot tertentu pada tubuh menghasilkan gerakan yoga sederhana yang tak sulit dipraktikkan. Alhasil, seusai melakukan sejumlah gerakan yang fokus pada kekuatan otot perut, kaki, dan lengan, tubuh lebih rileks dan kembali segar setelah lelah seharian bekerja.

“Sebagian orang memiliki banyak oksigen dalam darah, yang membantunya menghasilkan kembali energi secara alami. Hanya dengan tidur sebentar saja orang ini bisa kembali berenergi. Namun, banyak juga orang yang perlu dibantu untuk menghasilkan kembali energi. Massage dan latihan fisik seperti yoga bisa membantu orang dengan tipe ini untuk kembali berenergi,” papar Ambar yang mengenal yoga lebih dari 15 tahun dan menjadi pelatih yoga selama enam tahun di TSRHS.

Banyak manfaat yoga yang bisa Anda peroleh, apalagi jika rutin melakukan yoga tiga kali seminggu. Banyak juga gerakan yoga yang disesuaikan dengan kebutuhan dan sasaran yang ingin Anda capai. Jika ingin mencoba kelas yoga di TSRHS, Anda bisa singgah setiap Senin, Rabu, Jumat pukul 18.00-20.00.

 

Sumber : Kompas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s