Latihan Yoga Mengusir Insomnia

Ilustrasi Yoga

Gangguan tidur telah menjadi masalah jutaan orang dewasa ini. Padahal, supaya tubuh selalu dalam kondisi sehat dan bugar kita disarankan untuk tidur selama 7-8 jam setiap malam. Untuk mendapatkan tidur berkualitas, cobalah berlatih yoga.

Penelitian yang dilakukan tim dari Harvard Medical School menyimpulkan, latihan pernapasan dan pemusatan perhatian seperti dalam latihan yoga diketahui efektif menjauhkan gangguan tidur seperti insomnia.

Penelitian dilakukan terhadap 20 orang yang berlatih yoga sebelum jam tidur selama delapan minggu. Para partisipan juga diminta menuliskan dalam diary kesulitan tidur selama dua minggu sebelum berlatih yoga, dan selama 8 minggu berlatih yoga.

Setelah berlatih yoga, para partisipan mengaku mengalami peningkatan kualitas tidur dan total waktu tidur, dibandingkan sebelum berlatih yoga.

“Yoga adalah terapi yang efektif karena mengurangi efek fisik dan psikologi akibat insomnia,” kata Sat Bir Khalsa, asisten profesor pengobatan di Harvard Medical School.

Dalam penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Menopause juga disebutkan manfaat yoga untuk mengurangi gangguan tidur dan gejala menopause. Seluruh partisipan penelitian ini menderita insomnia dan tidak mendapat terapi hormon.

 

Sumber : Kompas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s