Mengapa Yoga Membantu Diet Anda?

Bertahan dengan pose seperti ini dalam beberapa menit melatih daya tahan Anda, termasuk menahan godaan makan enak yang berlemak.

Yoga menjadi pilihan latihan kebugaran yang tak hanya membuat tubuh tetap sehat, namun juga membuat tubuh lebih langsing. Seperti yang dialami Nova Eliza. Berkat yoga dan pilates, perempuan pemilik pusat kebugaran Bodylicious Yoga & Pilates ini berhasil menyusutkan bobot hingga 20 kg. Mengapa Yoga begitu ampuh dan tepat menjadi bagian program diet Anda?

Jurnal yang dikeluarkan Asosiasi Dietetik Amerika (The American Dietetic Association) mengungkapkan orang yang melakukan yoga secara rutin memiliki massa tubuh yang lebih rendah. Dampak lainnya dari yoga adalah para yogis atau orang yang melakukan yoga memiliki pikiran yang lebih tenang, termasuk dalam menyantap makanan.

Salah satu jenis gerakan yoga, yakni Anusara, fokus pada keseimbangan dan konsentrasi. Jika Anda melakukan latihan ini secara rutin, masuk diakal jika kemudian Anda bisa lebih mengontrol pikiran yang mempengaruhi pola makan.

Dalam jurnal juga disebutkan, yogis lebih terbantukan dengan merasa lebih cepat puas saat makan meski tak banyak melahap makanan. Penyebab utamanya karena latihan yoga membantu seseorang untuk menyelaraskan pikiran dengan tubuhnya. Peneliti dari Asosiasi Dietetik Amerika mengatakan kemampuan menyelaraskan tubuh inilah yang menjadi kunci seseorang lebih mampu mengontrol dirinya, termasuk membantu tubuhnya merasakan kenyang lebih cepat saat makan.

Setiap gerakan dalam yoga, melatih tubuh Anda untuk meningkatkan toleransi terhadap ketidaknyamanan. Sejumlah pose yoga, membutuhkan daya tahan dan kemampuan untuk tetap konsisten menjalankannya dengan baik dan benar. Misalnya bertahan dengan pose sulit selama enam menit. Latihan seperti ini melatih diri menjadi lebih tangguh.

Jika Anda sanggup menahan pose sulit dalam waktu yang lama, tak sulit juga untuk menahan diri makan cakes, brownies, atau makanan manis lain yang membuat lemak semakin menumpuk bukan?

 

Sumber : Kompas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s