Pentingnya Yoga Saat Jeda Olahraga

Gerakan yoga “upward facing dog”. Penggemar berat olahraga tenis, sepakbola, jogging juga butuh yoga untuk menyeimbangkan otot.

Latihan yoga punya banyak manfaat. Termasuk bagi atlet atau penggemar olahraga tertentu yang menimbulkan sejumlah risiko pada bagian tubuh. Berlatih yoga merelaksasi pikiran termasuk juga otot-otot yang lelah karena berolahraga.

Praktisi dan pengajar Yoga, Devi Asmarani mengatakan ada jenis yoga khusus untuk penggemar olahraga tertentu, atau untuk atlet. Gerakan yoga juga dibedakan sesuai kebutuhan tubuh dan jenis olahraga. Anda yang gemar berolahraga sepakbola, tenis, jogging secara rutin tetap butuh yoga.

“Penggemar olahraga tenis membutuhkan latihan yoga yang berbeda dengan sepakbola. Masalah yang dialami juga berbeda. Yoga untuk atlet atau olahraga yang sifatnya repetitif tujuannya untuk menyeimbangkan kembali otot-otot, serta stuktur tubuh yang berubah,” jelas Devi di sela peluncuran bukunya berjudul Yoga untuk Semua, Panduan Berlatih Yoga yang Lengkap dan Aman di toko buku Gramedia Grand Indonesia, Jakarta, Sabtu (16/7/2011) lalu.

Devi menjelaskan, setiap jenis olahraga menggunakan bagian tubuh yang berbeda untuk melakukan gerakan repetitif. Sejumlah masalah dialami karena penggunaan bagian tubuh yang rutin ini. Atlet atau penggemar olahraga sepakbola misalnya, cenderung mengalami masalah di lutut. Berbeda dengan pemain tenis yang seringkali bermasalah dengan bahu  dan siku. Sementara penggemar jogging atau pelari, bermasalah dengan betisnya.

“Setiap masalah ini diatasi dengan menyeimbangkan kembali otot melalui yoga. Gerakan yoga yang diaplikasikan juga berbeda menyesuaikan kebutuhan. Ada gerakan yoga khusus untuk atlet atau penggemar berat sejumlah olahraga,” jelas Devi.

Biasanya, yoga untuk atlet atau penggemar berat olahraga tertentu dilakukan saat jeda olahraga. Yoga dilakukan saat tidak sedang berlatih sepakbola, tenis, atau berlari. Dengan begitu olahraga lebih lengkap dan seimbang, fisik dan mental, berkat yoga.

 

Sumber : Kompas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s