Yoga untuk Melancarkan Pencernaan

Ilustrasi Yoga

Meningkatkan pencernaan Anda dengan yoga mungkin terdengar  tidak menarik . Perlu Anda ketahui, jika usus Anda bekerja dengan benar, Anda menuai berbagai macam manfaat seperti metabolisme yang lebih efisien, penurunan berat badan, jarang kembung, racun dalam tubuh makin sedikit, memperlambat efek penuaan dan menenangkan diri.

Faktanya, ketika perut Anda senang, tubuh menghasilkan serotonin, zat kimia yang membuat Anda merasa baru saja menikmati  makanan yang fantastis bersama  sahabat  baik. Terlebih lagi, karena Anda dalam keadaan tenang kortisol (hormon stres) menurun.

Anda sudah mendengar banyak tentang serotonin di otak, tapi bagaiman dengan perut Anda? Jadi mungkin akan mengejutkan  bahwa sekitar 95 persen dari serotonin Anda diproduksi dalam saluran pencernaan. Ini adalah salah satu dasar dari pencernaan.

Yoga adalah cara yang ampuh untuk mendapatkan perut senang tadi, sehingga serotonin dapat mengalir dengan lancar. Hal yang menyenangkan adalah latihan ini tak memakan waktu banyak. Cukup  tiga pose mampu menyehatkan tubuh Anda.

Nah, berikut pose yoga yang dikreasikan oleh Sadie Nardini, Founder, Core Strength Vinyasa Yoga, serta pencipta yoga DVD laris, Total Body Transformation sekaligus penulis buku The Road Trip Guide to the Soul.

1.”Wake Up Call” 
Lakukan posisi duduk yoga,lalu putar tubuh ke arah samping (seat and twist). Jangan lupa teknik bernapas yoga Gerakan ini melakukan semacam pijatan untuk organ pencernaan Anda, meningkatkan sirkulasi, membawa lebih banyak oksigen dan membantu organ-organ rileks sehingga mereka dapat bekerja lebih baik.

2.”Core Cleanse” 
Pose inversion posisi kaki dan pinggul berada di atas jantung Anda . Mulai dengan tiduran terlentang di lantai. Lalu angkat  kaki hingga  lurus ke atas. Tahan posisi dengan bantuan tangan.

Pose ini merangsang aliran darah dan getah bening. Ini baik membantu tubuh Anda menyingkirkan racun yang secara alami dilepaskan selama proses pencernaan.

3.”Belly Roll” 
Gulung handuk dan letakan di bawah perut saat posisi tubuh telungkup. Cobalah rileks dengan mengatur napas. Saat menarik napas perut ditarik dan perut mengendur saat mengeluarkan napas.
Gerakan merangsang pelepasan serotonin semua yang telah kita bicarakan.

Lakukan sekali sehari selama minggu pertama, kemudian dua atau tiga kali seminggu setelah itu. Jangan khawatir jika Anda tidak terbiasa dengan pose yoga, gerakan ini sederhana dan bahkan bisa dilakukan di sofa atau tempat tidur.

 

Sumber : Kompas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s