4 Aromaterapi untuk ‘Sembuhkan’ Kelelahan Pikiran di Kantor

070652_womensick362Banyak faktor yang bisa membuat seseorang stres di tempat kerja. Tekanan pekerjaan, kurang terkena sinar matahari, terus menerus berada di depan komputer dan terkena paparan sinar dari layarnya adalah beberapa diantaranya. Belum lagi persaingan di kantor atau kewajiban memenuhi target tertentu.

Tidak hanya berbahaya bagi kesehatan tubuh, stres juga berpengaruh pada produktivitas kerja karyawan. Cara mengatasi stres di tempat kerja sebenarnya cukup mudah, yaitu dengan aromatherapy. Cara alami ini cukup efektif meningkatkan kreativitas, konsentrasi, kenyamanan, efektivitas dan produktivitas kerja sekaligus membuat pikiran lebih tenang. Ini beberapa jenis minyak esensial yang bisa digunakan untuk meredakan stres di kantor, seperti dikutip dari Times of India:

1. Lavender
Selain membuat pikiran relaks, minyak lavender dipercaya bisa mengurangi kesalahan pengetikan di komputer hingga 25 persen. Anda bisa meneteskan minyak ini di atas kayu kering atau sapu tangan.

2. Neroli
Penghilang stres yang tidak hanya melepaskan ketegangan tapi juga mengatasi kelelahan pikiran karena suasana kantor yang hectic. Minyak Neroli juga bisa meningkatkan konsentrasi. Tuangkan dua atau tiga tetes minyak Neroli di cotton bud atau tissue, bungkug dalam kantung tipis dan tempatkan di meja kerja Anda.

3. Basil
Minyak basil ideal untuk melawan mood negatif dan lelah pikiran. Penggunaan yang teratur bisa membuat konsentrasi lebih baik, pikiran lebih jernih dan meningkatkan antusiasme kerja. Agar hasilnya maksimal, rendam handuk dalam air yang sudah ditetesi minyak basil. Gunakan handuk tersebut untuk mengelap tangan, kaki, leher dan wajah sebelum tidur. Anda juga bisa mengoleskannya sedikit di belakang telinga untuk efek lebih relaks.

4. Rosemary
Minyak ini memberi Anda energi, meningkatkan sistem imun tubuh dan membantu memperkuat daya ingat. Cara menggunakannya, celupkan bola kapas ke dalam minyak esensial, dan taruh kapas tersebut di kotak kartu nama atau tempat pulpen.

 

Sumber : wolipop.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s