Hanya Perlu 6 Langkah Ini untuk Kurangi Stres

075245_stresbebasHampir setiap orang pernah mengalami stres. Baik itu karena pekerjaan, percintaan atau masalah keluarga. Beberapa cara dapat dilakukan untuk mengatasi agar stres tidak berkepanjangan mulai dari olahraga, yoga, meditasi atau liburan. Tapi bagi Anda yang tidak punya cukup banyak waktu untuk melakukan itu semua, ada cara lebih mudah yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Ini cara mengurangi stres hanya dalam enam langkah, seperti dikutip dari Healthy Women.

1. Pahami Apa yang Mampu Anda Kontrol
Stres seringkali datang karena Anda berusaha terlalu keras untuk mengontrol situasi atau orang lain di luar kemampuan. Penyangkalan terhadap sesuatu juga bisa meningkatkan stres. Maka dari itu, Dr. Molitor menyarankan Anda agar tahu benar apa pilihan yang ada di tangan. Kontrol atau aturlah sesuatu yang berada di zona kapabilitas Anda, tidak perlu memaksakan diri.

2. Pikirkan Hal-hal Positif Tentang Diri Sendiri
Cara yang satu ini cukup sederhana tapi efektif. Banyak orang yang bertambah stres karena selalu memikirkan kekurangan dirinya. Daripada galau dengan hal-hal negatif, lebih baik fokus pada kemampuan diri yang Anda punya. Penelitian menunjukkan, memikirkan percaya pada diri sendiri akan menjaga kortisol –hormon pemicu stres tetap rendah.

Ketika Anda sedih, galau atau gelisah karena suatu hal, lakukan cara ini. Tulis atau sebutkan sesuatu yang baik tentang diri Anda sendiri. Buatlah target dalam hidup yang mudah untuk dicapai dalam waktu dekat, yang sesuai dengan sifat positif Anda.

3. Lakukan Aktivitas yang Berulang
Coba aktivitas yang dilakukan atau didengarkan berulang-ulang. Cara ini akan mengalihkan pikiran negatif yang mungkin muncul di otak Anda. Relaksasi juga membantu menenangkan pikiran. Beberapa aktivitas repetisi yang bisa dipilih antara lain merajut, berlari, berdoa, memainkan isntrumen musik, meneriakkan suatu kata atau frase.

4. Makan Sehat
Perbanyak konsumsi sayur, buah dan gandum utuh. Hindari gula, kafein dan makanan berlemak sebisa mungkin. Sumber energi yang sehat bisa membantu menjaga emosi tetap stabil dan tenang. Satu lagi, hindari makan ketika tidak lapar karena ini merupakan salah satu tanda Anda mulai stres. Makan banyak, hanya akan menambah tingkat stres.

5. Biasakan Tidur Cukup Berkualitas
Stres bisa menyebabkan seseorang kurang tidur. Apabila diikuti, stres akan semakin menjadi. Oleh karena itu hindari segala macam yang bisa memperparah kesulitan tidur Anda. Seperti minum minuman mengandung kafein atau makan sebelum tidur.

6. Temukan Kesenangan Sendiri
Stres bisa mempersempit sudut pandang Anda. Membuat Anda sulit terbuka pada hal-hal baru dan cenderung lebih terpaku pada satu hal, yaitu masalah yang membuat Anda stres. Untuk mengatasinya, mulai dari langkah kecil seperti ikut kelas artistik (melukis, membuat keramik, kerajinan dari lilin, sulam, dan sebagainya), olahraga atau bergabung dalam sebuah komunitas hobi. Banyak wanita yang sukses meredakan stres setelah menemukan kesenangan baru baik dalam hobi, karir atau kegiatan sosial.

 

Sumber : wolipop.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s