Mau Liburan Bebas Stres, Begini Caranya!

152645_thinkstockcewekneleponMendapati rencana liburan berjalan dengan sempurna sepertinya jadi impian setiap orang. Tak sedikit dari traveler yang merasa stres saat liburannya berantakan. Inilah 7 cara bebas stres saat liburan.

Liburan adalah saatnya bersenang-senang dan melupakan masalah sejenak. Saat setiap hal kecil dianggap masalah, sama saja Anda tidak liburan. Dari Huffington Post, Kamis (18/4/2013) berikut 7 cara liburan bebas stress:

1. Dengarkan lagu

Sebelum pergi liburan, masukkan lagu-lagu pilihan Anda untuk didengarkan sepanjang perjalanan. Carilah lagu favorit, lagu baru, lagu yang menenangkan dan juga yang bersemangat. Makin banyak dan beragam lagu yang dimasukkan, makin sering lagu bisa didengarkan. Karena, lagu yang sejenis akan lebih cepat membuat Anda bosan.

2. Pergi ke destinasi yang belum terkenal

Semakin terkenal sebuah destinasi, semakin banyak wisatawan yang datang ke sana. Ramai dan penuhnya turis bisa membuat Anda mudah stres. Daripada begitu, lebih baik carilah destinasi yang belum terkenal, namun pastikan, memiliki kecantikan yang tak kalah dibanding yang sudah eksis. Tanyalah kepada warga lokal mengenai objek wisata yang tidak biasa.

3. Olahraga di luar hotel

Beberapa traveler tak ingin kehilangan bentuk tubuh idealnya saat liburan. Banyak dari mereka yang rela menghabiskan waktu di ruang fitness hotel. Ini akan membuat traveler lebih mudah stres karena berada di dalam ruangan. Daripada olahraga di hotel, lebih baik coba jogging di taman kota atau berenang di pantai atau sungai.

4. Hindari restoran siap saji

Salah satu masalah kecil yang dibesar-besarkan adalah sulit menemukan makanan yang dikenal. Saat berkunjung ke tempat baru dan tidak cocok dengan makanan setempat, seringnya traveler langsung lari ke restoran siap saji. Buang jauh-jauh penolakan terhadap hal baru, termasuk dengan makanan. Nikmati makanan setempat tanpa harus stres saat tidak menemukan resto yang dikenal.

5. Hafalkan kalimat dasar dalam bahasa setempat

Sebelum pergi, terutama ke daerah yang memiliki bahasa berbeda, pastikan Anda sudah mengetahui kalimat-kalimat dasar. Ini akan memudahkan transaksi ataupun keseharian Anda saat liburan. Dengan mengetahui kalimat-kalimat umum, Anda tak perlu pusing membuka kamus saat ingin bertanya arah atau memesan makanan.

6. Jangan takut berkomunikasi dengan bahasa asing

Masih mengenai bahasa, beberapa traveler biasanya gugup dan stres saat terpaksa berkomunikasi dengan orang asing. Kebanyakan masyarakat lokal mengetahui Anda seorang turis dan dengan senang hati membantu saat berbincang. Tak apa gagap dan mungkin lebih banyak bahasa tubuh dibanding bahasa lisan, yang penting usir rasa takut.

7. Tak perlu kuatir saat tersasar

Salah jalan saat liburan adalah satu bumbu yang akan membuat perjalanan jadi lebih seru. Tak perlu kuatir saat tersasar. Hindari menyalahkan kepada partner traveling. Daripada saling menyalahkan, ada baiknya segera bertanya atau mencari rute baru di GPS. Atau, jika ingin lebih asyik, jalan saja sesuai kata hati. Siapa tahu Anda bisa menemukan objek wisata yang tak disangka-sangka.

 

Sumber : detik.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s