7 Destinasi yang Membuat Anda Panjang Umur

u1Traveling bisa menghilangkan stres yang menumpuk di kepala. Tak heran banyak turis yang merasa lebih sehat sepulang jalan-jalan. Datang ke 7 destinasi ini, Anda tak hanya bisa bahagia, tapi juga panjang umur.

Ingin melepas penat jadi alasan kebanyakan kenapa orang ingin sekali traveling. Destinasi yang dipilih bisa membuat otot-otot terasa longgar.

Tapi siapa sangka, pemilihan destinasi yang tepat tak hanya bisa melepas penat, tapi juga membuat Anda hidup lebih lama. Dilongok dari Telegraph, Kamis (2/5/2013), inilah 7 destinasi yang bisa membuat Anda panjang umur:

1. Kyotango, Jepang

Kyotango di barat Jepang adalah destinasi pertama yang bisa membuat Anda hidup lebih panjang. Ini terbukti lewat orang paling tua di dunia yang baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke 116 bulan lalu.

Orang ini adalah Jiroemon Kimura yang pernah menjadi tukang pos di Kyotango. Kyotango adalah sebuah kota yang dihuni banyak orang berumur panjang. Ada sekitar 60.000 orang yang hidup di usia 100 tahun atau bahkan lebih.

Jadi, kalau ingin merasakan hidup dengan umur yang lebih panjang, tak ada salahnya datang ke kota ini. Nikmati liburan dengan jalan ke pantai dan berendam di mata air panas.

2. Kepulauan Okinawa, Jepang

Okinawa adalah kepulauan di Jepang dan berada di Laut China Timur. Ada sekitar 161 pulau di sini. Datang ke Okinawa, traveler akan berjumpa dengan gua kapur, terumbu karang cantik, dan kucing langka.

Yang membuat Okinawa semakin spesial adalah penduduk di sini ternyata punya umur yang lebih panjang dibanding penduduk di belahan dunia lain. Para penduduknya jauh dari penyakit jantung atau kanker payudara. Faktanya, masyarakat Okinawa punya prosentase serangan jantung dan kanker 80% lebih sedikit dibanding orang Amerika.

Ternyata, rahasia di balik panjang umur penduduk Okinawa adalah mereka mengonsumsi makanan sehat, seperti nanas, ubi jalar, rumput laut, tahu, teh, sayuran hijau dan ikan. Mereka juga menjaga tradisi ‘hachi bu hara’, atau makan hanya sampai 80% penuh yang artinya tidak kekenyangan. Tertarik datang dan mencoba hidup seperti penduduk Okinawa?

3. Campodimele, Italia

Destinasi yang bisa membuat traveler hidup lebih lama adalah Campodimele di Italia. Kota ini berada di puncak bukit Campodimele, Italia. Tepatnya berada di pertengahan Kota Napoli dan Roma.

Tak jauh berbeda dengan dua kota di atas, Campodimele juga dihuni oleh penduduk berumur panjang. Rata-rata mereka hidup di umur 95 tahun. Udara pegunungan yang sejuk, gaya hidup yang santai, dan makanan berupa ikan teri jadi penyebab utamanya.

Traveling ke sini, Anda bisa menggunakan kereta api dari Roma atau Naples ke Formia. Ini adalah pemukiman terdekat dengan Campodimele. Kemudian dengan menyewa Vespa traveler bisa menuju Campodimele menggunakan vespa.

4. Syme, Yunani

Kebanyakan penduduk Yunani hidup hingga umur 90 tahun. Makanan bergizi seperti minyak zaitun, ikan, tomat, dan sedikit daging dianggap jadi faktor utama.

Untuk mencapai Syme, turis bisa terbang dengan pesawat ke Rhodes, kemudian lanjut menggunakan kapal feri. Berkunjung ke sana, wisatawan bisa ikut hidup sehat seperti kebanyakan penduduk Syme.

5. Monako

Penduduk Monako ternyata juga termasuk dalam orang yang memiliki umur panjang. Rata-rata warganya bisa hidup hingga usia 89 tahun.

Tak ada salahnya jika Anda datang langsung ke sana. Selain bertemu penduduk dengan usia panjang, pelancong juga bisa menikmati keindahan laut dan aneka bangunan mewah yang menjadi andalan Monako.

6. Macau, China

Masyarakat yang di Macau, China rata-rata mencapai usia 84 tahun. Hal ini cukup mengejutkan karena kawasan ini dikenal sebagai tempat berjudi. Pasti akan sulit untuk bisa beristirahat tenang.

Tapi ternyata, pembuatan kasino juga diimbangi oleh pemerintah dengan berbagai program kesehatan untuk penduduknya. Perawatan kesehatan dengan puluhan pusat kesehatan dan dokter juga memadai.

7. Semenanjung Niscoya, Kosta Rika

Wilayah di Kosta Rika ini dikenal dengan pantainya sebagai destinasi utama liburan. Tapi bukan cuma itu, ternyata rata-rata penduduk yang tinggal di sini berumur hingga 100 tahun.

Hidup sederhana dan bekerja di perkebunan bisa jadi kunci utama. Penduduk setempat juga mengkonsumsi ‘mesoamerican trifecta’, yang terdiri dari jagung tortilla, kacang-kacangan, dan labu. Pasokan air yang tinggi juga meningkatkan kesehatan tulang mereka. Belum lagi pantai cantik yang bisa menjernihkan pikiran.

Masih bingung kenapa mereka berumur panjang?

 

Sumber : detik.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s