Gelisah, Bingung, Marah? Santap Makanan Ini untuk Mengatasinya

buahMarah, kesal, cemas, gelisah atau bingung adalah bentuk emosi yang sangat normal dan semua orang pasti pernah mengalaminya. Namun akan jadi masalah apabila emosi itu tak terkontrol atau dialami berkepanjangan sehingga merugikan diri sendiri maupun orang lain. Meluapkan emosi negatif adalah hal yang sehat. Namun Anda pun harus bisa mengaturnya agar menjadi normal kembali. Tidak perlu buru-buru minum obat penenang saat merasakan emosi yang meluap-luap. Beberapa makanan ini bisa mengembalikan mood positif Anda. Apa saja? Ini uraiannya, seperti yang dikutip dari Oprah.

1. Cemas
Dr. Oz menyarankan untuk ngemil kacang Brasil. Kacang yang bisa dibeli di supermarket ini kaya akan selenium; mineral yang berperan penting untuk aktivitas otak. Sejumlah studi menunjukkan, kekurangan selenium bisa membuat seseorang mudah cemas, gelisah dan depresi. Sementara selenium berfungsi mengurangi rasa cemas dan meningkatkan mood positif. Selain kacang Brasil, Anda juga bisa mendapatkan asupan minreal ini dari ikan tuna, bawang putih atau jamur.

2. Stres
Ketika stres, orang cenderung ingin makan makanan lezat dan berlemak seperti es krim, cokelat, cookies atau keripik kentang. Padahal ada cara yang lebih sehat untuk mengusir stres, yaitu makanan mengandung vitamin C tinggi seperti jeruk, lemon atau paprika. Vitamin C diketahui bisa menurunkan level cortisol; hormon stres yang yang dilepaskan tubuh ketika berada dalam mood negatif. Studi menunjukkan bahwa vitamin C dosis tinggi bisa bantu meredakan stres dengan mengurangi jumlah cortisol yang dilepaskan. Vitamin C dosis tinggi memang banyak dijual dalam bentuk pil atau suplemen vitamin. Tapi sumber terbaik tetap yang alami, yang berasal dari buah-buahan.

3. Gelisah
Gelisah biasanya ditandai dengan perasaan cemas sehingga membuat tubuh tidak bisa diam, bergerak berulang-ulang dan susah tidur. Kondisi ini bisa diatasi dengan minum jus cherry. Dalam sebuah studi, minum delapan ons jus cherry di pagi hari dan sebelum tidur terbukti efektif mengatasi sulit tidur pada orang dewasa. Buah cherry kaya akan melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur manusia. Dengan meningkatnya hormon ini, akan memicu otak untuk bisa membedakan siang dan malam sehingga Anda akan mudah terlelap tidur tanpa gelisah.

4. Bingung
Merasa bingung dan tidak tahu harus berbuat apa saat menghadapi masalah? Coba ngemil buah-buahan beraneka warna seperti nanas, cranberry atau plum. Buah tersebut mengandung antioksidan yang berkhasiat melawan radikal bebas yang diketahui bisa merusak sel syaraf di otak (berpotensi mengurangi daya ingat). Untuk membantu pikiran lebih fokus, tambah dengan mengonsumsi ikan yang mengandung omega-3 seperti salmon. Konsumsi tiga porsi buah dan omega-3 dalam seminggu untuk hasil maksimal.

5. Marah
Jika Anda tiba-tiba gampang marah, terganggu atau kesal, bisa disebabkan karena kurangnya level serotonin. Hormon ini bertugas mengontrol rasa marah. Ketika tubuh kekurangan serotonin, otak jadi tidak mampu mengatur emosi dengan stabil. Sebaliknya jika tingkat serotonin normal, Anda akan lebih tenang, santai dan bisa mengontrol stimuli yang datang dari luar. Makan pisang raja diketahui bisa meredakan amarah karena memiliki konsentrasi hormon serotonin yang tinggi.

 

Sumber : wolipop.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s