Meditasi untuk Kesehatan Otak

171841_latihan-yoga_663_382Meditasi merupakan salah satu gaya hidup sehat yang pasti sudah kita kenal. Walaupun, mungkin saja belum kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Padahal, meditasi memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Antara lain, relaksasi, membangkitkan energi, mengatur pola berpikir, mengatasi stress, depresi, dan masalah emosional lainnya. Meditasi pun merupakan salah satu olahraga otak yang cukup optimal untuk menjaga kesehatan otak.

PENTINGNYA MEDITASI

Pada prinsipnya, meditasi adalah suatu proses untuk mengendalikan arus pikiran kita. Kita sadari atau tidak, seringkali kita tidak fokus dalam satu momen yang sedang kita hadapi. Benak kita terlalu aktif memikirkan banyak hal, entah itu pekerjaan, masalah, ambisi, maupun hal-hal kecil lainnya yang membuat kita tidak fokus, terburu-buru, bahkan tertekan yang akhirnya berujung pada stress. Dengan meditasi, kita akan dilatih untuk berfikir fokus pada satu momen sehingga kita bisa berpikir dan bertindak dengan tenang. Ketika pikiran kita tenang dan fokus, maka kita akan lebih mudah menikmati hidup dan apapun yang terjadi di dalamnya.

 

MEDITASI MEMBUTUHKAN LATIHAN

Meditasi merupakan keterampilan yang perlu dilatih seperti halnya olahraga otak yang lain. Berikut beberapa langkah melakukan meditasi:

  1. Duduk. Cari tempat yang hening dan membuat kita nyaman untuk duduk tanpa gangguan selama 20 menit.
  2. Setel Alarm. Menyetel alarm penting untuk kita melupakan sejenak tentang waktu. Seringkali konsentrasi pemula terganggu dengan keinginan melihat jam karena merasa telah melewati waktu meditasi yang ditentukan. Hal ini seringkali terjadi sesudah duduk 1 atau 2 menit.
  3. Bernafas. Bernafas merupakan salah satu cara melakukan komunikasi dengan tubuh kita. Saat kita berfokus dalam aktivitas bernapas, akan ada koneksi kuat antara tubuh dan pikiran kita. Dengan bernapas teratur, lembut, dan perlahan, maka kita juga tengah menenangkan tubuh dan pikiran. Gelombang otak pada saat meditasi (kondisi Delta) akan terlihat jauh lebih tenang dibanding dengan kondisi ketika raga terbangun (kondisi Beta).
  4. Label. Tujuan dari latihan meditasi ini adalah fokus pada satu momen, yaitu bernafas. Tugas kita dalam meditasi hanyalah menyadari napas kita. Jika pikiran kita lari kemana-mana, hanya kembali ke pernafasan saja.
  5. Masukkan Meditasi dalam Kehidupan Sehari-hari. menurut Adjie Silarus, seorang Meditator lulusan Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada yang juga menguasai dan memahami tentang “Meditative Mind” serta “Mindfulness”,  meditasi dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Meditasi bukanlah sekadar aktivitas satu jam bersila yang diagendakan setiap hari di jam yang sama. Meditasi bisa disisipkan dalam apapun aktivitas Anda, asal dilakukan dengan fokus dan sadar. Jika Anda makan, lakukanlah dengan kesadaran bahwa Anda sedang makan, maka makanan Anda akan terasa benar-benar enak. Jika berjalan, sadarlah bahwa Anda sedang berjalan dan fokuslah pada tujuan jalan Anda. Prinsipnya, ketika pikiran Anda tenang dan fokus, Anda akan lebih mudah menikmati hidup dan apapun yang terjadi di dalamnya.
  6. Ulangi Setiap Hari. Seperti halnya keterampilan yang harus dilatih, pengulangan setiap hari dapat meningkatkan kemampuan kita dalam bermeditasi.

 

 

Sumber : vivanews.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s