Mengapa Marah Bisa Sebabkan Serangan Jantung?

197211_ilustrasi-serangan-jantung_663_382Kemarahan seringkali dikaitkan dengan tekanan darah tinggi dan serangan jantung. Ini benar. Sebuah penelitian di Amerika mengungkap bahwa luapan emosi berlebih membahayakan jiwa.

 

Para ahli melakukan penelitiannya pada ribuan pasien jantung yang sering melampiaskan kemarahan sepanjang satu tahun. Mereka dengan kemarahan ringan berisiko terkena serangan jantung dua kali lipat. Sementara kemarahan intens berisiko hingga empat kali lipat.

 

Ditulis dalam Reuters, semakin besar kemarahan, termasuk melempar benda dan mengancam orang lain, risiko tersebut semakin tinggi. Para peneliti menemukan bahwa setiap kenaikan intensitas kemarahan, kemungkinan serangan jantung akan mengikuti setiap dua jam.

 

Risiko itu 1,7 kali lipat pada kemarahan yang ditunjukkan dengan suara, 2,3 kali lipat pada kemarahan dengan ciri tubuh tegang, mengepalkan tangan, dan gigi gemeretak, dan 4,5 kali lipat pada kemaranan yang menyebabkan lepas kontrol, menyakiti diri sendiri ataupun orang lain.

 

Lalu apa yang sebenarnya terjadi dalam tubuh saat kita marah hingga memicu serangan jantung? “Ketika emosi tak terkendali, tubuh melepaskan respon kimia epinefrin dan norepinefrin,” papar peneliti Elizabeth Mostofsky yang juga mahasiswa postdoctoral dari Cardiovascular Epidemiology Research Unit, Harvard Medical School, Boston.

 

Kedua hormon tersebut dapat meningkatkan tekanan darah, denyut nadi, penyempitan pembuluh darah, membuat trombosit darah mengental. Kondisi ini yang meningkatkan risiko jantung.

 

Temuan ini berbalik dengan mitos bahwa melepas kemarahan dapat mengurangi stres tubuh maupun psikologi. Kemarahan hanya akan menimbulkan korosi kesehatan seperti risiko jantung dan masalah pembuluh darah.

 

Monstofsky dan rekan-rekannya mengatakan bahwa olahraga secara teratur dapat mengurangi risiko serangan jantung secara keseluruhan.

 

 

Sumber : vivanews.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s