Yoga untuk anak – anak dann berbagai contoh pose yoga untuk anak

yoga-for-preschoolers-300x195Yoga untuk anak – anak yang dilakukan juga tidak difokuskan pada kesempurnaan sebuah pose melainkan lebih menekankan pada dasar – dasar yoga dan juga penerapan latihan pernapasan. Berikut contoh pose – pose yoga yang dapat dilakukan oleh anak – anak adalah sebagai berikut.

Relaxation Pose; Anak – anak terkadang lebih cepat bosan dalam melakukan aktivitas dan di sela – sela itu mereka juga membutuhkan waktu istirahat dimana mereka dapat lebih santai dan rileks. Relaxation pose dilakukan dengan cara mengajak anak – anak untuk berbaring di yoga mat, posisi tangan disisi badan dan posisi kaki lurus. Salah satu yoga pose yang termasuk kategori dari relaxation pose ini adalah corpse pose.

Lion Pose; pose ini dapat dilakukan oleh anak – anak dengan posisi berlutut dan sambil membuat anak – anak berimajinasi bahwa mereka seperti singa yang mengeluarkan suara seperti singa dengan lidah keluar dari mulut. Mata dapat dipraktekkan dengan lebih terbuka lebar. Pose ini dapat membantu anak – anak untuk mengurangi ketegangan yang mereka rasakan.

Dengan menggabungkan beberapa pose tersebut anda sudah dapat mulai mengenalkan yoga pada anak anda. Mengajarkan yoga untuk anak memang tidak seperti mengajarkan yoga pada orang dewasa. Ada metode – metode yang harus dicoba dan dikombinasikan sehingga mereka tidak cepat bosan dan tetap berkonsentrasi ketika berlatih. Manfaat yang didapat ketika berlatih yoga untuk anak sangatlah banyak dan positif, anda dapat membaca reviewsnya pada artikel yang bersangkutan.

Sebelum mulai mengikutsertakan anak anda ke kelas yoga, ada baiknya anda coba untuk mengajak mereka untuk melihat bagaimana praktek yoga di kelas, sehingga mereka tidak kebingungan pada saat pertama kali ikut serta dalam kelas yoga. Cara pembelajaran dan pengenalan yoga ini dapat dilakukan dengan cara anda juga ikut serta dalam kelas, misalnya dengan mengikuti kelas yoga untuk ibu dan anak, dimana kelas ini dirancang agar anda dapat ikut serta dalam melakukan yoga bersama anak anda.

Persiapan lainnya yang dapat membuat mereka siap untuk mengikuti kelas adalah dengan memakaikan mereka pakaian yang nyaman sehingga mereka dapat mengikuti berbagai gerakan yang dilakukan dan bebas bergerak di sekitar yoga mat mereka. Disini anda juga dapat memberi informasi pada instruktur yoga apabila anak anda masih pemula atau memiliki masalah kesehatan lainnya yang perlu penanganan dan bimbingan yang lebih.

Yoga untuk anak terdiri dari beberapa tahap, dimana tahap awal yang dilakukan biasanya adalah pemanasan atau peregangan yang bertujuan untuk membuat tubuh siap untuk melakukan gerakan – gerakan pose yoga. Peregangan ini hamper sama seperti ketika anda melakukan warming up, sementara di yoga juga ada beberapa pose yang dilakukan sebagai warming up pose.

Setelah selesai melakukan warming up, beberapa latihan pernapasan dapat dilakukan untuk memulai sesi latihan. Sesi latihan yang dilakukan juga tidak sepenuhnya melakukan pose yoga saja, tetapi juga diselangi dengan beberapa permainan yang bertujuan untuk lebih mengenalkan dasar – dasar yoga kepada anak – anak. Tidak semua studio yoga memiliki kelas yoga untuk anak, jadi ketika anda ingin mengenalkan yoga pada anak anda maka sebaiknya anda melakukan beberapa survey untuk memilih kelas yang cocok untuk anak anda.

Bila di kota anda tidak ada studio yoga yang menyediakan kelas yoga untuk anak, anda dapat mencari beberapa referensi dari DVD yoga atau dari beberapa buku yang membahas tentang yoga untuk anak – anak. Ada beberapa DVD yang dapat didownload secara gratis di youtube, tentunya anda juga harus memperhatikan siapa instrukturnya dan apakah instruktur tersebut telah berpengalaman atau memiliki sertifikat. Hal ini tentunya untuk meyakinkan anda bahwa gerakan – gerakan yang diajarkan adalah benar dan tidak membahayakan untuk anak – anak.

 

 

Sumber : indotopinfo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s