5 Cara Seru Mengusir Kemalasan Anda di Kantor

193283_bahagia-bekerja-dikantor_663_382Bisa jadi ini menjadi hari paling malas bagi para pekerja kantor, setelah dua hari lalu berpacu dengan setumpuk pekerjaan. Belum lagi membayangkan akhir pekan yang tinggal dua hari lagi. Tapi pekerjaan tetaplah pekerjaan yang tak mengenal kata lelah atau malah malas.

 

Untuk membangkitkan kembali produktivitas, banyak hal yang biasa dilakukan. membuka YouTube, melihat foto-foto atau membalas pesan di media sosial, dan paling umum, mendengar musik. Ada juga yang menyusun jadwal dan menulis detai pekerjaan sembari istirahat.  Tapi menurut penulis buku The Solution Sharp, Heidi Hanna, PhD, menjadi produktif bukan hanya sekedar mencatat atau mengecek jadwal.

 

Jika selama ini cara Anda mengusir malas sering gagal, Anda bisa mencoba beberapa cara-cara unik ini seperti dilansir Womans Day.

 

1. Pindah kantor ke kedai kopi

 

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Consumer Research pada Desember 2012, keramaian yang terjadi di kedai kopi dapat meningkatkan kinerja pada pekerja kreatif. Selain itu, suasana kedai kopi biasanya membuat seseorang menjadi lebih rileks dibandingkan saat bekerja di rumah atau di kantor.

 

2. Berhenti lakukan multitasking

 

Melakukan banyak hal dalam waktu bersamaan? Boleh saja, tapi aktivitas ini pada kenyataannya akan mengganggu fungsi otak. Selain itu, kegiatan seperti ini juga mengakibatkan tingkat stres dan hormon beracun seperti kortisol merusak sel-sel otak.

 

“Hal ini dapat memakan waktu hingga 20 menit untuk pulih dari pergeseran perhatian. Multitasking hanya akan membuang-buang waktu dan energi,” ujar Dr Hanna.

 

3. Olahraga sebelum bekerja

 

Anda dapat berpikir lebih baik setelah berolahraga. Ini karena glukosa dan oksigen akan lebih banyak sampai ke otak. Jadi, buat jadwal olahraga sebelum ke kantor agar hidup lebih produktif.

 

4. Camilan buah

 

Sebuah penelitian di Psychology Today mengungkapkan, semua jenis buah berry, terutama blueberry mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan memori dan koordinasi motorik serta melawan sel-sel yang dapat merusak fungsi otak.

 

5. Permaianan otak

 

Seperti layaknya otot, otak Anda juga membutuhkan latihan. “Bermain game yang dapat membangun fokus dan kreativitas dapat menginvestasi otak,” ujar Dr Hanna. Mulailah hari dengan bermain teka-teki silang atau permainan sejenis untuk merangsang kerja otak.

 

 

Sumber : vivanews.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s