Biar Otak Tak Lemot, Lakukan Ini

133126_antilemotTubuh memerlukan olahraga agar bisa tetap sehat, begitu pula dengan pikiran. Agar proses berpikir bisa lebih cepat, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk melatihnya.

Proses berpikir yang cepat bisa membantu meningkatkan kemampuan orang dalam melakukan banyak tugas diwaktu yang sama. Untuk mencapai hal tersebut, butuh pelatihan otak sederhana namun efektif sehingga kebugaran pikiran meningkat.

Berikut ini 10 hal yang bisa dilakukan agar otak tidak lemot dan proses berpikir jadi lebih cepat, seperti dikutip dari Timesofindia, Kamis (29/8/2012) yaitu:

1. Lakukan seni
Seni adalah sumber latihan yang membantu meningkatkan bagian di otak yang bekerja mengekspresikan diri secara non-verbal. Seni membuat orang jadi kreatif, menggunakan keterampilan motorik halus dan berpikir analitis.

2. Memperluas kosa kata
Membaca artikel, berita atau novel bisa membantu mempelajari kata-kata baru yang sebelumnya tidak akrab didengar. Teknik ini akan membantu mempertajam memori dan meningkatkan kosakata.

3. Gunakan tangan yang tidak dominan
Saat melakukan tugas dasar yang membutuhkan konsentrasi, cobalah menggunakan tangan yang tidak dominan. Kegiatan ini akan memerlukan perhatian ekstra sehingga membuat diri lebih fokus menyelesaikan tugas-tugas sederhana.

4. Jangan gunakan kalkulator
Untuk perhitungan dasar atau harian sebaiknya jangan menggunakan kalkulator, tapi pilihlah metode kuno seperti menghitung dengan jari atau menghitungnya di kepala. Ini adalah cara yang sangat umum untuk menjaga otak tetap aktif.

5. Dengarkan lagu favorit berulang
Jika suka lagu tertentu, orang akan terus menerus mendengarnya. Hal ini akan membantu otak menghapal lirik yang secara tidak disadari membantu otak meningkatkan kekuatan menghapalnya.

6. Melakukan multitasking
Kegiatan dasar yang sederhana bisa dilakukan bersama-sama, meski bisa membuat orang bingung tapi latihan sederhana ini dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi seseorang.

7. Belajar bahasa asing
Mempelajari bahasa asing baru tidak hanya bisa meningkatkan karir profesional dan pengetahuan baru, tapi juga menjadi sumber latihan untuk pikiran karena menjaga otak tetap sibuk.

8. Hindari GPS, tapi gunakan peta
GPS membuat seseorang lebih mudah mencapai tujuan, tapi teknologi ini membuat orang kehilangan kekuatan berpikir analisis. Untuk itu cobalah gunakan peta sebagai penggantinya, peta membuat orang menggunakan imajinasi dan kemampuan analisis.

9. Bermain video game
Tidak semua video game buruk, beberapa permainan seperti memecahkan teka-teki sudoku membutuhkan banyak penalaran dan berpikir sehingga membantu mengembangkan kekuatan otak.

10. Jangan menggunakan daftar belanja
Kebanyaka orang mencatat daftar belanjaan yang ingin dibeli, tapi mulai sekarang cobalah untuk tidak mencatatnya melainkan mengingatnya di kepala. Awalnya mungkin akan sulit dan melupakan beberapa hal, tapi seiring waktu pikiran akan jadi lebih aktif dan tak perlu pakai bantuan daftar belanjaan lagi.

 

Sumber : detik.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s