Cara Ampuh Redakan Konflik Antara Istri dan Mertua

170360_ibu-mertua-dan-menantu_663_382Film Monster in Law adalah gambaran hubungan antara seorang istri dan ibu mertua yang seringkali penuh ketegangan. Biasanya, potensi konflik terjadi saat memperebutkan kasih sayang dari satu pria, suami dan anak.

 

Menurut penelitian seorang profesor komunikasi University of Wisconsin-Stevens Point, Dr Sylvia L Mikucki-Enyart, perubahan status pada anak pria lebih mencemaskan ibu ketimbang anak perempuan.

 

Dalam sebuah survei yang dilakukan pada 133 istri, menemukan, mayoritas istri merasa tak aman dalam hubungan dengan mertua. Sebagian besar dipicu kekhawatiran ibu dari suami akan membicarakan keburukan diri mereka kepada suami. Alasan lainnya, para istri merasa takut ibu mertua terlalu banyak ikut campur dalam urusan rumah tangga mereka.

 

Hasil survei senada dengan studi pada 2008 yang dilakukan Terri Apter, psikolog dari Cambridge University. Dalam studinya, Apter menemukan bahwa setidaknya 60 persen wanita merasakan gesekan dengan ibu mertua. Sementara hanya 15 persen pria yang melaporkan ketegangan hubungan dengan ibu mertua mereka.

 

Dari 89 ibu dari suami yang disurvei, Dr Mikucki-Enyart menemukan kekhawatiran terbesar para ibu saat anak laki-laki mereka menikah. Mikucki-Enyart menemukan bahwa ibu paling khawatir tentang kebahagiaan anaknya, anaknya semakin jarang mengunjungi mereka, serta istri yang mengubah prilaku anak.

 

Persaingan istri dan ibu mertua juga termasuk memberi perhatian dan kasih sayang. Pemicu lainnya adalah ibu dan menantu merasa risih karena tak tahu bersikap satu sama lain.

 

Bila tak dapat diatasi, ketegangan ibu-menantu bisa menyebabkan stres pada suami. Agar meredakan ketegangan,  seorang istri harus meminimalkan perasaan negatif dan melibatkan ibu mertua dalam keluarga. Beberapa caranya antara lain mengundang makan malam, berkunjung ke rumah ibu mertua bersama anak-anak atau mengirim foto anak-anak kepada ibu suami.

 

“Jangan berkompetisi, karena ibu dan istri sama-sama mencintai satu orang pria dengan cara yang sama sekali berbeda,” ucapnya seperti dikutip Daily Mail.

 

 

Sumber : vivanews.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s