Lakukan 6 Hal Ini Agar Tetap Fokus Saat Bekerja

082525_antilemotKebanyakan orang dapat mencapai suatu titik kemerosotan energi dalam sehari, dimana dirinya kehilangan energi dan fokus di tempat kerja. Hal ini biasanya terjadi di sore hari sekitar pukul 15, yang dapat dicegah dengan cara mengubah kebiasaan diet Anda selama di kantor.

Diet memainkan peran penting dalam kemampuan Anda untuk fokus selama hari kerja. Berikut adalah beberapa kebiasaan yang dapat meningkatkan energi, membantu Anda lebih fokus dan mencegah kemerosotan di sore hari, seperti dilansir Emaxhealth, Rabu (20/2/2012):

1. Makan sarapan
Sarapan adalah hal yang terpenting untuk memulai hari. Studi menunjukkan bahwa produktivitas kerja akan menurun hingga 50 sampai 75 persen ketika Anda melewatkan sarapan. Mulailah hari dengan sarapan seimbang yang mencakup protein agar membantu Anda tetap berenergi selama sekitar 5-6 jam.

Anda dapat mencoba sarapan dengan telur dadar dan sayuran. Kolin dalam telur merupakan lemak sehat yang dapat meningkatkan fungsi otak dan memperkuat daya ingat. Jangan sarapan makanan yang tinggi gula, seperti muffin atau donat, karena Anda akan mudah lapar dalam waktu 1-2 jam kemudian akibat lonjakan gula darah.

2. Menjauhi makanan manis
Ketika Anda merasa stres dengan pekerjaan kantor, akan terjadi ketidakseimbangan antara tingkat dopamin dan serotonin yang terasa tidak nyaman. Kondisi ini membuat otak menginginkan makanan manis untuk meningkatkan serotonin dengan cepat.

Sayangnya, dorongan energi yang berasal dari makanan manis dapat menghilang dengan cepat pula dan menyebabkan hilangnya fokus dan konsentrasi terhadap pekerjaan. Selain itu, hal ini juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan karena kelebihan kalori.

Bersihkan meja kerja Anda dari makanan-makanan manis dan gantilah dengan makanan ringan sehat seperti apel, selai kacang atau sayuran yang dimasak setengah matang. Karbohidrat dari apel atau wortel dapat meningkatkan kadar serotonin dengan lebih sehat, sedangkan protein dan lemak nabati dari selai kacang dapat menambah energi.

3. Jangan minum kopi dalam keadaan perut kosong
Kebanyakan pekerja biasanya akan segera menyeduh kopi setibanya di kantor, untuk mempertahankan tingkat energi dan kewaspadaan. Sayangnya, manfaat tersebut tidak akan Anda dapatkan jika Anda minum kopi sebelum sarapan.

Kafein dapat menguras kadar serotonin hingga 8 jam setelahnya jika perut Anda kosong. Akibatnya, hal ini akan meningkatkan stres dan meningkatkan keinginan otak untuk makan makanan manis. Jika Anda ingin minum kopi di pagi hari, pastikan untuk mengisi perut Anda dengan sarapan terlebih dahulu.

4. Pilih makan siang Anda dengan bijaksana
Terlalu banyak makan saat jam makan siang dapat membuat Anda merasa sangat lesu di sore hari, karena darah lebih banyak dialihkan dari otak ke perut untuk pencernaan. Tetapi makan terlalu sedikit juga dapat membuat pekerjaan Anda terganggu oleh rasa lapar.

Cara terbaik adalah makan siang secukupnya dengan makanan sehat yang mengandung nutrisi seperti protein, karbohidrat, sayuran, dan buah. Makan siang dengan makanan cepat saji bukanlah pilihan yang baik karena studi telah menemukan bahwa makanan tinggi lemak dapat menyebabkan penurunan kinerja otak dan daya ingat sesudahnya.

5. Cegah kemerosotan sore hari dengan air putih
Selama sore hari, Anda dapat menekan kemerosotan energi dengan minum lebih banyak air putih daripada memilih minuman berenergi. Selain mengandung gula yang tinggi, minuman berenergi juga dapat mempengaruhi tingkat magnesium dan kalsium dalam tubuh, menyebabkan hilangnya mineral penting yang diperlukan oleh otak agar tetap bekerja dengan baik.

Asupan air putih yang cukup juga dapat mencegah dehidrasi yang meningkatkan efisiensi kerja otak.

6. Pilih camilan sore dengan bijaksana
Ketika Anda merasa lapar di sore hari, cobalah untuk makan segenggam kacang yang menawarkan beberapa nutrisi, termasuk asam lemak omega-3 yang dapat membantu mendongkrak konsentrasi dan produktivitas kerja kembali. Selain itu, yogurt juga dapat menjadi pilihan tinggi protein yang baik untuk membantu Anda tetap fokus.

Jangan memilih makanan ringan seperti permen atau keripik asin yang tinggi lemak, hal ini dapat mengurangi kemampuan Anda untuk fokus ke pekerjaan di sore hari.

 

Sumber : detik.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s