Membaca & Menulis Surat Bisa Bikin Otak Awet Muda Lho!

153144_lansiaKetika seseorang mulai menginjak usia tua, jangan meninggalkan kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan ketika muda, seperti membaca atau bermain game. Aktivitas mental yang dilakukan dengan rutin hingga tua, diketahui dapat menjaga agar penuaan otak tetap sehat.

“Membaca koran, menulis surat, mengunjungi perpustakaan, dan memainkan permainan seperti kartu, catur, atau halma, dapat berkontribusi dalam membuat otak lebih sehat,” kata Arfanakis Konstantinos, pemimpin penelitian dari Rush University Medical Center, seperti dilansir Healthday, Selasa (27/11/2012).

Otak yang jarang mendapatkan rangsangan akan berkurang ketajamannya dan lebih cepat pikun. Merangsang otak secara teratur dengan aktivitas mental tersebut telah terbukti dapat mempromosikan pertumbuhan otak yang memperkuat memori dan konsentrasi, serta membantu menjaga otak dari risiko pikun akibat demensia dan penyakit Alzheimer.

Para peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan MRI untuk memindai otak dari 152 peserta studi yang rata-rata berusia 81 tahun. Hal ini dilakukan untuk menilai efek aktivitas mental terhadap materi putih pada otak, yang terdiri dari serat saraf yang mengirimkan informasi ke seluruh otak.

Peneliti menemukan bahwa ada hubungan yang signifikan antara aktivitas mental yang dilakukan dengan rutin dan integritas struktural pada beberapa daerah materi putih di otak.

Hasil penelitian tersebut dipublikasikan pada hari Minggu (25/11) dalam pertemuan tahunan Radiological Society of North America, di Chicago.

Meskipun studi tersebut menemukan keterkaitan antara aktivitas mental oleh para lansia dengan integritas struktural materi putih otak, tetapi keduanya tidak memiliki hubungan sebab akibat. Sehingga peneliti bermaksud untuk terus memantau peserta penelitian agar dapat diketahui apakah kurangnya aktivitas mental menyebabkan berbagai masalah pada otak.

 

Sumber : detik.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s