Yoga Membantu Penderita Hipertensi

1352295pSEBUAH penelitian yang dipresentasikan pada pertemuan tahunan American Society of Hypertension menunjukkan bahwa, berlatih yoga dapat membantu menurunkan tekanan darah bagi orang yang memiliki hipertensi ringan sampai sedang.

“Yoga bisa menjadi terapi yang berguna bagi pasien dengan hipertensi ringan sampai sedang,” kata peneliti dari University of Pennsylvania, Dr Debbie Cohen, MD, dilansir dari laman Times of India, Kamis (30/5).

Penelitian ini melibatkan 120 orang dengan usia rata-rata 50 hingga 58 tahun. Semua peserta dibagi menjadi tiga kelompok:

Kelompok pertama ditugaskan untuk melakukan yoga dua atau tiga kali seminggu. Kelompok kedua ditugaskan untuk melakukan program konseling diet. Sedangkan Kelompok ketiga ditugaskan untuk melakukan yoga dan konseling diet.

Peneliti kemudian menganalisis tekanan darah mereka selama 24 minggu.

Mereka menemukan bahwa, pada minggu ke 12, orang-orang yang melakukan yoga mengalami penurunan tekanan darah sistolik (tekanan darah pada saat jantung berdetak), dan penurunan tekanan darah diastolik (tekanan darah pada saat jantung tidak sedang berkonstraksi atau beristirahat) pada minggu ke 24.

Hasil ini menunjukkan bahwa orang yang melakukan yoga, mengalami penurunan tekanan darah yang cukup positif. Untuk itu, disarankan bagi anda yang memiliki hipertensi sedang hingga ringan, agar mencoba terapi ini, siapa tahu bisa berguna.

sumber : jpnn.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s