Anak Sehat Berkat Yoga

kembarqueen.com

kembarqueen.com

Tahukah Ma, sebenarnya sejak bayi anak sudah melakukan gerakan yoga. Coba ingat-ingat, ketika Anda mengangkat bayi mungil Anda, otomatis kakinya akan diangkat. Pose itu dinamakan gerakan halanasa atau plough pose. Jadi, pada dasarnya anak adalah yogi sejati.

Di Colour Yoga, anak mulai usia 3 tahun bisa beryoga. Menjaga kelenturan tubuh adalah salah satu manfaat yoga untuk anak. Coba bandingkan dengan Anda. Bagi Anda yang jarang berolahraga, tentu tubuh Anda akan lebih kaku. Sedangkan anak balita, tubuhnya masih lentur.

Menurut Imelda Tirtadiredja, pemilik Colour Yoga, gerakan yoga anak sama dengan yang diajarkan untuk dewasa. Cara mengajarnya yang berbeda.

“Untuk anak usia 3-5 tahun yang masih memiliki daya imajinasi tinggi, kami mengajarkannya sambil berkhayal. Misalnya, kami mengajak mereka bergaya layaknya gerakan pesawat. Nah, gerakan itulah yang bisa menjadi gerakan yoga.“

Kelas untuk anak usia prasekolah hingga TK dibedakan dengan anak SD. Sebab daya imajinasi mereka berbeda. Bagi anak SD, kelas yoganya lebih serius, mirip yoga dewasa, tapi, tetap dilakukan secara fun.

Di Colour Yoga juga ada kelas untuk anak berkebutuhan khusus, seperti anak autis, sulit berkonsentrasi, motorik bermasalah, atau hiperaktif. “Agar lebih efektif, untuk anak berkebutuhan khusus, kami melakukan kelas one on one,” Imelda menambahkan.

Selain perubahan kelenturan tubuh, lewat yoga anak bisa mendapatkan keseimbangan antara fisik dan mental. Tubuh anak sehat, pikiran lebih fokus dan anak lebih tenang.
sumber : parenting.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s