Manfaat Yoga Untuk Anak & Remaja

12210-manfaat-yoga-untuk-anak---remajaKlub yoga makin menjamur. Makin banyak juga wanita muda hingga paruh baya yang mulai melirik yoga. Selain menyeimbangkan pikiran dan melatih kesabaran, yoga dapat meningkatkan kesehatan. Tak hanya dapat dinikmati oleh orang dewasa, karena anak-anak dan remaja akan mendapat banyak manfaat dari yoga.

Keuntungan:

1. Menjadi latihan fisik yang menyenangkan. Coba perhatikan, sebenarnya saat sedang bermain, anak-anak sering melakukan berbagai pose yoga. Dengan adanya pelatih, mereka akan lebih aman melakukan berbagai pose tersebut.

2. Sama seperti orang dewasa, yoga melatih konsentrasi. Maka tak heran jika sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang berlatih yoga memiliki nilai yang lebih di sekolah dan meningkatkan konsentrasi saat belajar.

3. Yoga dapat meningkatkan kepercayaan diri anak yang sedang tumbuh menjadi remaja. Penerimaan tentang tubuh mereka jauh lebih baik dibandingkan anak perempuan yang tidak melakukan latihan yoga.

4. Selain meningkatkan kepercayaan diri, yoga sering menjadi terapi yang diberikan pada remaja putri yang mengalami masalah gangguan makan, seperti bulimia, anoreksia, atau gangguan makan berlebih. Kekuatan yoga merangkul mereka untuk mengurangi kecemasan, membuat mereka mengetahui kekuatan tubuhnya ketimbang memberi kritik negatif pada bentuk tubuh.

5. Anak-anak yang berlatih yoga teratur biasanya memiliki postur tubuh yang tegap dan memperbaiki postur tulang belakang yang sering terganggu karena aktivitas pasif seperti seringnya bermain game atau komputer.

Apa Bedanya Dengan Yoga Untuk Orang Dewasa?

Sebenarnya tidak ada bedanya yoga untuk anak dan yoga untuk orang dewasa. Anak-anak cenderung tidak memiliki rasa takut untuk mencoba berbagai pose, tubuh mereka juga cenderung lebih lentur dibandingkan orang dewasa. Hal itu memudahkan anak-anak mengikuti langkah demi langkah dan tahapan menuju pose yang lebih sulit di bawah pengawasan instruktur yoga.

Demikian halnya dengan latihan pernapasan. Anak-anak juga akan menerima pelajaran ini. Mereka akan belajar bagaimana melatih pernapasan mereka, sehingga beberapa detik kemudian, mereka masuk dalam efek menenangkan pikiran. Gabungan latihan fisik dan latihan pernapasan ini akan membantu anak-anak dan remaja tetap fokus.

Jika Anda tertarik untuk berlatih yoga bersama anak-anak Anda, hubungi klub yoga yang menyediakan instruktur khusus untuk anak-anak. Jangan lupa untuk menyusun jadwal latihan yoga agar tidak bertumpukan dengan jadwal les atau jadwal sekolah lainnya.
sumber : vemale.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s